Searching...

Popular Posts

Senin, 05 Juli 2010

Blogger Indonesia Dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat Positif

09.32
Blogger Indonesia Dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat Positif

Blogger Indonesia Dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat Positif. Jaringan komunikasi dan informasi global Internet sangat membantu masyarakat Dunia di era millenium seperti sekarang. Contohnya di Indonesia, keberadaan Internet berperan dalam bidang pendidikan, bisnis, perkembangan iptek dan sebagainya. Seperti saya pribadi merasakan hal ini dan telah mempercayakan Internet dalam mencari informasi yang saya butuhkan. Namun, dengan sifatnya yang global maka tidak tertutup kemungkinan terdapat materi dan isi yang negatif atau tidak layak dikonsumsi pengguna secara umum. Oleh sebab itu, mari kampanyekan Blogger Indonesia dukung Indonesia Go Internet Aman, Sehat & Manfaat.

Dengan adanya kemungkinan negatif dalam penggunaan Internet, maka dibutuhkan kesadaran dan kedewasaan kita dalam memilah-milah informasi dalam berselancar dalam dunia sempit Internet. Komunitas Blogger Indonesia juga bertanggung jawab sebagai inisiator Internet Aman, Sehat & Manfaat positif dalam melakukan publikasi informasi dan idenya di Internet. Perlu diketahui bahwa pengguna Internet saat ini memperlihatkan peningkatan yang signifikan. Penggunanya telah merambah sampai ke pelosok daerah, termasuk dewasa, remaja sampai anak usia dini.



Blogger Indonesia Dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat

Sebenarnya salah satu pendukung berkembangannya dunia Internet saat ini adalah dengan semakin meningkatnya netter mengenal jejaring sosial (social networking). Seperti friendster, facebook, twitter, my space, kombes (Indonesia) dan sebagainya. Media sosial blog juga banyak digemari netter, seperti blogger.com, typepad.com atau seperti yang dilakukan oleh BEM FASILKOM UMB yang berbagi informasi kepada mahasiswa Universitas Mercu Buana melalui postingan blog.

Jejaring sosial dapat menjadi media kampanye Blogger Indonesia dukung Internet aman, sehat & manfaat sebab memiliki banyak user yang saling berbagi dan memanfaatkan fasilitasnya dalam hal komunikasi personal sampai pada interaksi bisnis online.

Selain manfaat, pengguna jejaring sosial juga tidak jarang mendapat gangguan dengan adanya oknum ahli program yang tega menguasai akun user lain (hecker). Penyebabnya terkadang diakibatkan oleh user sendiri yang ceroboh, atau membuat status kontroversi, atau pun hanya untuk kesenangan sang hecker. Dampak negatifnya terkadang akun di salah gunakan oleh oknum. Nah dengan semangat blogger Indonesia dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat, saya akan berbagi tips-tips untuk mengamankan Akun Anda dalam jejaring sosial.

  1. Ciptakan Privasi. Jangan terlalu membuka informasi diri Anda dalam akun jejaring social. Sembunyikan hal yang dianggap penting berhubungan dengan log in (email), nomor telp./HP, tanggal lahir dan sebagainya.

  2. Filter Teman. Nah, pada poin ini Anda cukup menambah atau menerima teman yang dikenal atau yang sedisiplin dengan pengetahuan (pekerjaan). Manfaatnya kita akan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

  3. Hindari Penggunaan Password Tanggal Lahir. Biasanya terdapat kebiasaan menggunakan tanggal lahir sebagai password dengan dalih mudah diingat maka tinggalkan kebiasaan itu. Sebab akun bisa saja dikuasai dan disalah gunakan oleh orang dekat. Namun, jika Anda nekat menggunakan tanggal lahir, maka sebaiknya gunakan dengan acak atau variasi dengan menggunakan simbol.

  4. Gunakan Aplikasi. Ada banyak aplikasi security dalam mengamankan akun Anda. Silahkan searching di mesin pencari. Sebagai contoh aplikasi Hotspot Shield dari Anchorfree.com yang diinstal ke browser Internet Anda.

Komitmen & Wujudkan terciptanya Blogger Indonesia Dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat berawal dari diri sendiri.

Berbagai kejadian mungkin saja terjadi sebagai dampak negatif Internet, maka dibutuhkan kesadaran dan kedewasaan kita dalam bersosialisasi sebagai pengguna. Buatlah Dunia Global Internet penuh dengan indahnya ilmu pengetahuan dan teknologi, ruang mencari peluang dan saling berbagi. Dengan ide Blogger Indonesia dukung internet aman, sehat & manfaat positif, mari memulainya dengan merubah pola pikir sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar