Searching...

Popular Posts

Senin, 25 Oktober 2010

Dunia Melirik Cina, India dan Indonesia (Cindonesia)

Dunia Melirik Cina, India dan Indonesia (Cindonesia). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia saat ini membaik atau mendapatkan keberuntungan. Namun disisi lain, ekonomi Amerika dan Eropa terpuruk. Apakah hal ini penyebab pertumbuhan ekonomi negeri ini meningkat?

Pengusaha muda Sandiaga Uno mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tinggi dan membaik seperti sekarang ini dominan disebabkan karena faktor keberuntungan. Di tengah ekonomi Amerika dan Eropa yang tidak membaik, pertumbuhan ekonomi di Indonesia tertiban rezeki.

"Banyak luck-nya memang, karena jelas, fenomena ekonomi Indonesia seperti ini diakibatkan oleh keterpurukan ekonomi Amerika dan Eropa. Sekarang ini kita dapat bonus lah, keberuntungan dari bagian negara lain yang sedang tidak baik," katanya saat ditemui Tribunnews.com, di sela-sela acara Baitul Maal wat Tamwil (BMT) Summit 2010 di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu (23/10/2010).



Sandi menambahkan bahwa faktor ekonomi Amerika dan Eropa yang masih terguncang tiba-tiba membuat dunia melirik ke Asia, dan Indonesia termasuk di dalamnya. "Dan di Asia itu ada tiga, China, India, dan sekarang mulai Indonesia. Jadi, dikenal Cindonesia," kata Sandi.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tinggi menurutnya bukan merupakan hasil kerja keras pemerintah, melainkan karena keterpurukan Amerika dan negara-negara di belahan Eropa dan di belahan dunia lain.

Sementara itu, Sandi mengatakan bahwa terdapat beberapa kesuksesan ekonomi Indonesia yang perlu dilihat karena cukup memberikan stimulus positif. Misalnya, imbuhnya, bagaimana usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sekarang terbukti menjadi tulang punggung.

Baca Juga Bisnis Syariah

Sumber : Kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar