Searching...

Popular Posts

Selasa, 29 Juni 2010

Blogger Indonesia Dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat

Blogger Indonesia Dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat

Dewasa ini di negera kita Indonesia terus terjadi peningkatan yang signifikan dalam hal pengguna internet. Dari pengguna dewasa, remaja sampai anak-anak pun telah mempercayai dunia maya (internet) sebagai ruang mencari informasi dan berkomunikasi secara global. Dalam dunia sempit Internet kita dapat mencari informasi apa saja yang kita butuhkan, juga berkomunikasi secara langsung dengan teman, sahabat, kerabat melalui jejaring sosial. Oleh karena itu, Blogger Indonesia Dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat agar dalam memanfaatkan Internet disesuaikan dengan kebutuhan kita.



Kita harus bijak dalam menggunakan Internet, karena tidak semua hal didalamnya memiliki manfaat positif. Blogger Indonesia dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat sangat seiring dengan yang saya tuliskan pada artikel Stop Adult Content, Go Internet Sehat, yang merupakan ajakan menghentikan dan merubah aktivitas negatif ke arah yang lebih bermanfaat dalam penggunaan Internet dan media elektronik lainnya. Nah, dengan menciptakan suasana kegiatan Blogger Indonesia yang serius dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat menjadi titik awal mengontrol dunia informasi global Internet.

Blogger Indonesia Dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat

Kampanye dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat bukan hanya Blogger Indonesia tetapi untuk semua kalangan pengguna Internet (netter) dari dewasa hingga anak-anak. Karena tidak jarang kita temukan materi-materi negatif dalam Internet. Semisal pornografi, kekerasan bahkan materi yang menyentuh Sara. Selain itu, kecanggihan dalam Internet juga membuahkan program-program merusak seperti virus dan kerabatnya, komentar sampah (spam) dan juga sering terjadi penipuan.

Salah satu pendukung berkembangannya dunia Internet saat ini adalah dengan semakin meningkatnya netter mengenal jejaring sosial (social networking). Seperti friendster, facebook, twitter, my space, kombes (Indonesia) dan sebagainya. Media sosial blog juga banyak digemari netter, seperti blogger.com, atau seperti yang dilakukan oleh BEM FASILKOM UMB yang berbagi informasi kepada mahasiswa Universitas Mercu Buana melalui blog.

Media jejaring sosial tersebut memiliki banyak user yang saling berbagi dan memanfaatkan fasilitasnya dalam hal komunikasi personal sampai pada kegiatan bisnis menghasilkan uang (tidak menipu lho…).

Selain manfaat, pengguna jejaring sosial juga tidak jarang mendapat gangguan dengan adanya oknum ahli program yang mengambil alih akunnya (heaker). Hal ini terkadang diakibatkan oleh user sendiri yang ceroboh, atau membuat status kontroversi, atau pun hanya untuk kesenangan sang heaker. Kegiatan ini sangat merugikan buat user karena terkadang di salah gunakan oleh oknum. Oleh sebab itu, melalui blogger Indonesia dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat, member tips-tips untuk mengamankan Akun Anda dalam jejaring sosial.

  1. Ciptakan Privasi. Jangan terlalu membuka informasi diri Anda dalam akun jejaring social. Sembunyikan hal yang dianggap penting berhubungan dengan log in (email), nomor telp./HP, tanggal lahir dan sebagainya.

  2. Filter Teman. Nah, pada poin ini Anda cukup menambah atau menerima teman yang dikenal atau yang sedisiplin dengan pengetahuan (pekerjaan). Manfaatnya kita akan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman.

  3. Hindari Penggunaan Password Tanggal Lahir. Biasanya terdapat kebiasaan menggunakan tanggal lahir sebagai password dengan dalih mudah diingat maka tinggalkan kebiasaan itu. Sebab akun bisa saja dikuasai dan disalah gunakan oleh orang dekat. Namun, jika Anda nekat menggunakan tanggal lahir, maka sebaiknya gunakan dengan acak atau variasi dengan menggunakan symbol.

  4. Gunakan Software. Ada banyak software aplikasi security dalam mengamankan akun Anda. Silahkan searching di mesin pencari. Sebagai contoh aplikasi Hotspot Shield dari Anchorfree.com yang diinstal ke browser Internet Anda.

Empat poin di atas hanyalah sebagian dari tips sehat dan aman dalam menggunakan jejaring sosial. Untuk itu, sebagai user jejaring sosial jangan melakukan hal-hal yang dapat mengganggu user lain. Mari saling berbagi dan meraih manfaat sebagai pengguna jejaring sosial.

Kampanyekan Blogger Indonesia Dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat dalam penyelamatkan generasi muda Indonesia.

Berdasarkan uraian di atas, maka dikembalikan kepada kesadaran pengguna dalam manfaatkan media online Internet. Jadikanlah media global ini ruang menambah pengetahuan, mencari peluang dan tempat berbagi. Dengan didasari cita-cita Blogger Indonesia Dukung Internet Aman, Sehat & Manfaat maka kita harus bijak dalam berkomunikasi dan memfilter informasi dalam Internet.

0 komentar:

Posting Komentar