Searching...

Popular Posts

Jumat, 21 Mei 2010

YouTube.com di Blokir

YouTube.com di Blokir

Saat ini situs ternama Youtube.com menjadi tujuan para netter dunia dalam mencari video-video singkat, trailer film dan video aneh dan unik lainnya. Buat pebisnis online juga sering memanfaatkan dengan memasukkan video training dan promosinya di Youtube.com. Namun, benarkah YouTube.com di Blokir?, setelah informasi tentang karikatur Nabi Muhammad di Facebook.

YouTube juga berperan memberikan persentase volume lalu lintas Internet di Indonesia, bahkan di negara lain. Sedangkan pemberitaan Youtube.com di blokir ini terjadi di Pakistan. Situs video ternama ini diblokir untuk mencegah ditayangkannya materi yang bersifat menghina agama.



Dikutip dari beberapa sumber di Internet bahwa pemblokiran YouTube.com di Pakistan dilakukan beberapa jam setelah Otoritas Telekomunikasi Pakistan mengistruksikan kepada layanan penyedia Internet untuk menutup akses ke Facebook.com, disebabkan adanya kompetisi menggambar kartun Nabi Muhammad di jejaring sosial itu.

Pemblokiran YouTube dilakukan karena Otoritas Pakistan telah mendapat informasi bahwa beberapa karikatur Nabi Muhammad telah ditransfer dari Facebook ke YouTube.com. Namun, dampak dari tindakan ini menurunkan 20% sampai 25% volume lalu lintas Internet, sekitar 65 Giga byte.

Sebelumnya, Youtube.com pernah di blokir pada tahun 2007 di Pakistan, karena menayangkan video-video yang tidak Islami.

Tindakan pemerintah Pakistan blokir YouTube.com merupakan hal yang pantas diteladani oleh beberapa negara muslim, termasuk Indonesia yang mayoritas penduduk beragama Islam. Serta perlu juga kesadaran dari kita sebagai netter untuk menyaring materi dalam pencarian kita di Internet.

0 komentar:

Posting Komentar