Searching...

Popular Posts

Rabu, 12 Mei 2010

Furniture Ukir Jepara Handicraft Indonesia

Furniture Ukir Jepara. Jepara adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Jepara merupakan kota kelahiran pahlawan wanita Indonesia Raden Ajeng Kartini. Pahlawan Wanita Jepara ini yang merintis seni ukir, sehingga kabupaten Jepara dikenal sebagai kota ukir.

Jepara memiliki sentra kerajinan ukiran kayu yang menjadi pusat Handicraft Indonesia ketenarannya hingga ke luar negeri. Furniture dan ukir Jepara ini tersebar merata hampir di seluruh kecamatan dengan keahlian masing-masing. Namun sentra perdagangannya terlekat di wilayah Ngabul, Senenan, Tahunan, Pekeng, Kalongan dan Pemuda.



Industri Furniture dan Kerajinan merupakan industri andalan kabupaten Jepara. Industri ini menjadi nafas kehidupan dan denyut nadi perekonomian masyarakat Jepara. Berbagai macam produk mebel jepara, mebel ukiran, mebel minimalis, seperti: meja makan, meja dinding, kursi tamu, sofa, nakas, bufet, almari pakaian, almari kaca, meja rias, pigura, furniture taman, ukiran, relief, patung, kerajinan kayu dll.

Furniture Ukir Jepara Handicraft Indonesia

Hal yang mendukung perkembangan industri kerajinan tangan (handicraft) ukir yaitu pada tahun 1929 timbul gagasan dari beberapa orang pribumi untuk mendirikan sekolah kejuruan. Tepat pada tanggal 1 Juli 1929, sekolah pertukangan dengan jurusan meubel dan ukir dibuka dengan nama “Openbare Ambachtsschool” yang kemudian berkembang menjadi Sekolah Teknik Negeri dan Kemudian menjadi Sekolah Menengah Industri Kerajinan Negeri(JeparaKab.go.id).

Selain itu, perkembangan industri Furniture dan ukir Jepara yang berbasis Industri Rumah Tangga dan merupakan kerajinan tangan (handicraft) dapat pula dikembangkan menjadi wisata industri sekaligus wisata belanja produk kerajinan jepara Indonesia. "Furniture Ukir Jepara Handicraft Indonesia".

0 komentar:

Posting Komentar