Searching...

Popular Posts

Kamis, 31 Desember 2009

Kerja Keras Adalah Dedikasi Pertamina Untuk Energi Kita

Kerja Keras Adalah Energi Kita new motto PT. Pertamina and a sentence that indicates a motivation or dedication to Kerja Keras of a state-owned company in charge of our energy supply. Pertamina sebagai produsen bahan bakar minyak telah menunjukkan dedikasi dan kontstribusi kerja keras nya selama 52 Tahun untuk menyediakan energi untuk masyarakat Indonesia (untuk kita). Hasil kerja keras Pertamina menghasilkan energi sudah sering kita manfaatkan pada kehidupan sehari-hari, contohnya adalah bensin, solar, minyak tanah, LPG dan pelumas Pertamina.



Kerja keras yang dimaksudkan adalah suatu usaha menciptakan ide kreatif dan merealisasikannya untuk mencapai hasil sesuai dengan rencana. Seperti yang kita ketahui bahwa selain mencari profit Pertamina juga memiliki peranan penting dalam pencapaian kebijakan Pemerintah mengenai keamanan pasokan energi dalam negeri. Kebijakan itu terdiri dari penyediaan, pemanfaatan, penetapan harga ke arah harga keekonomian, maupun pelestarian lingkungan dengan menerapkan prinsip pembangunan berkelanjutan (berwawasan lingkungan).



Realitasnya Pertamina telah menyukseskan berbagai kebijakan tersebut melalui diversifikasi. Maksudnya adalah penganekaragaman penyediaan dan pemanfaatan berbagai sumber energi dalam rangka optimalisasi penyediaannya. Dengan demikian, motto Kerja Keras Adalah Energi Kita merupakan motivasi Pertamina untuk mengurangi ketergantungan penyediaan energi kita sebab sumber dari fosil akan habis pada saatnya. Sukses untuk Pertamina ... ...



Upaya Nyata Kerja Keras Adalah Energi Kita



Dalam rangka realisasi program diversifikasi energi, Pertamina telah melakukan pengembangan bahan bakar hayati non fosil (Biofuel). Biofuel hasil produksi Pertamina adalah Biodiesel dari bahan dasar minyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO) yang ditransesterifikasi menghasilkan asam lemak murni atau Fatty Acid Methyl Ester (FAME). Biodiesel blend ini diberi nama pasaran Bio Solar yang mengandung 5% FAME dan 95% solar murni (B-5).



Seiring dengan berjalannya waktu, Pertamina dengan semangat Kerja Keras Adalah Energi Kita juga telah bertanggung jawab mengembangkan biodiesel dari biji jarak pagar (Crude Jatropha Curcas Oil/CJCO). Hal ini disebabkan karena minyak kelapa sawit memiliki pangsa pasar lain yaitu untuk diekspor dan bahan pangan. Penggunaan tanaman jarak pagar untuk produksi biodiesel lebih ekonomis karena merupakan tanaman non pangan, tidak membutuhkan lahan subur dan produksinya juga melalui proses transesterifikasi. Selain itu penggunaan jarak pagar dapat memberi keuntungan kepada masyarakat sebab dapat menambah pendapatan rakyat kecil di negeri kita.



Maka dalam pengembangan biodiesel Pertamina bersama-sama Pemerintah sebaiknya ikut melakukan pembinaan kepada masyarakat pembudidaya jarak pagar sebagai program Comunity Development, agar supaya proses budidaya sampai tahap pemasaran biji jarak dapat ter kontrol dan hasil akhirnya tercipta independensi penyediaan energi serta harga jual dapat lebih ekonomis.



Semangat Pertamina dengan motto barunya juga terealisasi mendukung program Konversi Minyak Tanah ke Liquefied Petroleum Gas (LPG). Sosialisasi program konversi ini dalam bentuk penyuluhan dan pemberian bantuan berupa kompor dan tabung LPG 3 kg sehingga masyarakat dapat melakukan simulasi sendiri akan manfaat LPG. Program konversi ini dianggap lebih efisien karena LPG lebih murah dan hemat dibandingkan minyak tanah. Berdasarkan pengamatan sederhana yang saya lakukan pada tetangga rumah bahwa penggunaan minyak tanah untuk kebutuhan rumah tangga dalam seminggu minimal 5 liter sedangkan LPG hanya 3 kg. Harga minyak tanah Rp 5.500,- per liter sedangkan LPG hanya Rp 20.000 per 3 kg (harga berdasarkan pasaran di Sulawesi Selatan). Ayo lebih murah yang mana? Pilih sendiri !!!!.



Harapan dari Semangat Kerja Keras Adalah Energi Kita



Selain program di atas telah banyak upaya Pertamina dalam penyediaan energi. Kita sebagai konsumen produk Pertamina harus terbiasa dalam menghemat energi karena hal tersebut akan menghemat belanja negara agar alokasinya dapat digunakan pada kegiatan pembangunan lainnya di negeri kita. Pertamina dengan motto Kerja Keras Adalah Energi Kita dan Kita dengan motto Kerja Keras Dalam Menghemat Energi.



Pertamina sebagai Perusahaan Milik Negara harus lebih mengutamakan dedikasi setelah itu profit. Pertamina harus komitmen dengan motto memberikan yang terbaik untuk masyarakat, membawa produk-produk hasil kerja keras nya yang berdaya saing di mata dunia. Kalau Bukan Sekarang Kapan Lagi - Sukses Untuk Pertamina dengan Semangat Kerja Keras Adalah Energi Kita.

0 komentar:

Posting Komentar