Searching...

Popular Posts

Kamis, 01 November 2012

Berpikir Positif Rahasia Sukses

Berpikir Positif Rahasia Sukses

Bepikir positif merupakan bentuk optimisme, dan menjadi pola pikir modern yang sering disampaikan oleh banyak motivator ternama. Pertanyaannya, benarkah berpikir positif rahasia sukses?. Bagi sebagian orang mungkin agak sulit untuk menerima teori yang dicetus Dr. Peale ini, terutama untuk seseorang yang merasa down dan khawatir, tetapi bagi saya hal ini adalah sebuah realitas.

Sebelumnya, saya pernah mendengar efek cara berpikir ini dari seorang ahli kesehatan. Kalau tidak salah pernyataannya seperti ini, memiliki pikiran positif dapat meningkatkan kesehatan kita. Hal ini merupakan kesimpulan para ilmuan yang telah lama memanfaatkan berpikir positif dan sikap optimis bagi kesehatan.



Selanjutnya dikatakan bahwa manfaat selalu berpikir positif menciptakan optimisme. Manfaat kesehatannya yaitu lebih panjang umur (relatif), lebih jarang mengalami depresi, tingkat stress yang lebih kecil, memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik, lebih baik secara fisik dan mental, mengurangi resiko terkena penyakit jantung, mampu mengatasi kesulitan dan menghadapi stress.

Hal di atas membuktikan kekuatan dari berpikir positif, sekaligus menjadi rahasia sehat kita. Sedangkan kaitannya dengan hidup sukses berhubungan dengan sikap dan tindakan. Berikut Saya akan menjelaskannya melalui sebuah kisah. Langsung dibaca.

Sobat A akan melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan swasta, tetapi dia terus dihantui pikiran negatif akan kegagalan dan tidak sukses. Dia yakin tidak akan mendapatkan pekerjaan itu. Percaya bahwa para pelamar lain lebih baik dan lebih berkualitas dari dia. Sikap negatif ini muncul karena pengalaman masa lalu dengan wawancara kerja.

Pikiran sobat A terus dipenuhi hal yang negatif selama beberapa hari sebelum kegiatan wawancara. Tepat hari wawancara kerja, ia terlambat bangun dan kemeja yang akan dikenakan nampak kotor dan kemeja yang lain butuh waktu untuk menyetrikanya. Karena terhimpit waktu, ia bergegas dengan kemeja yang kusut.

Selama wawancara ia nampak tegang, dipenuhi pikiran negatif, khawatir terhadap kemeja, dan merasa lapar karena tidak sempat sarapan. Semua hal ini mengganggu pikirannya, sehingga sulit untuk fokus pada wawancara kerja, menampilkan kesan buruk dan akibatnya ketakutan. Akhirnya dia tidak menerima pekerjaan tersebut.

Kisah berikutnya terjadi pada Sobat B yang juga akan melakukan wawancara kerja, tetapi dengan kejadian yang berbeda. Penuh keyakinan dia akan mendapatkan pekerjaan itu. Seminggu sebelum wawancara, dia sering membayangkan dirinya membuat kesan yang baik dan mendapat pekerjaan.

Pada malam hari sebelum wawancara, dia mempersiapkan pakaian yang akan dikenakan, dan tidur sedikit lebih awal. Keesokan harinya, dia bangun lebih awal dari biasanya dan punya banyak waktu untuk sarapan. Datang sebelum waktu yang dijadwalkan. Akhirnya dia sukses mendapatkan pekerjaan itu karena membuat kesan yang baik, dan kualifikasinya tepat untuk pekerjaan itu.

Apa pelajaran yang kita dapatkan dari kedua kisah itu? Adakah nepotisme di dalamnya?. Semuanya berjalan secara alami. Ketika bersikap positif, kita menciptakan perasaan menyenangkan kepada diri sendiri dan mata pikiran akan terbuka melihat apa yang sebenarnya terjadi. Terkait ungkapan di atas, hal ini membawa pencerahan pikiran, lebih banyak energi dan kebahagiaan, sehingga berpengaruh terhadap kesehatan. Saya sarankan anda membaca buku The Power of Positive Thinking dan The Secret untuk kesempurnaan penjelasan ini karena penulisnya secara dahsyat menghubungkan hal ini dengan alam semesta.

Saya akan terus mengingatkan, bahwa pikiran negatif, kata-kata, sikap dan tindakan negatif akan membuahkan suasana tidak bahagia. Akibatnya, menciptakan kegagalan, frustasi sampai pada kekecewaan.

Berpikir positif rahasia sukses merupakan sesuatu yang nyata dalam hidup. Jika anda seorang karyawan, pebisnis atau baru mau memulai bisnis, maka berpikir positif adalah rahasianya. Pola pikir positif atau yang menanamkan kesuksesan mendukung action, membawa kita menuju hasil yang diharapkan. Kemudian cintai profesi kerja kita.

Semoga sedikit banyaknya tulisan ini akan menjadi kunci untuk membuka pintu kesuksesan kita. Berpikir positif rahasia hidup sukses.

0 komentar:

Posting Komentar