Searching...

Popular Posts

Sabtu, 03 April 2010

Saling Memaafkan dalam Persahabatan

06.17

Saya kaget setelah menerima pesan singkat (SMS) dari seorang teman, yang isinya sangat menyentuh batin. Isinya yaitu "sahabat, jika aku mati mati, mandikan aku dengan air matamu. Dan apabila aku tersesat,selamatkan aku dengan doamu", yang dikirim dalam rangka Hari Persahabatan Sedunia menurutnya.

Dengan perasaan begitu terharu, saya langsung membalasnya dengan penuh kata-kata maaf, akan sikap dan perbuatanku yang kurang baik kepadanya dahulu. Tanpa terduga, dia membalasnya "Jangan meminta maaf padaku, tapi minta maaflah kepada penciptamu, karena dia tidak mengajarkanmu mengenai sikap dan perbuatan seperti itu. Tetapi jika saya mempunyai kewajiban memaafkan, maka saya telah memaafkanmu sebelum kamu meminta itu".



Pernyataan itu membawa alam sadarku ke titik keadaan yang luar biasa. Benar, bahwa sang pencipta tidak pernah akan membenarkan kita melakukan hal-hal yang tidak baik. Beberapa pesan-Nya yang disampaikan melalui kitab suci, memberi kita petunjuk kehidupan yang benar. Substansinya, jalani kehidupan dengan hal yang positif, setiap sikap dan perbuatan kita harus sesuai dengan ajaran ataupun aturan yang diserukan Sang Pencipta. Kebenaran ini pasti membawa kita meraih kebahagiaan dan ketentraman hidup.

Pernyataan teman tadi mengenai saling memaafkan, menandakan manusia merupakan insan yang pernah atau mungkin sering berada dalam kekhilafan, baik disengaja maupun tidak. Biasanya kekhilafan tersebut menciptakan konflik yang dapat mengganggu suasana kehidupan. Solusi keadaan tersebut dengan saling memaafkan. Seperti saya yang telah dimaafkan sebelum memintanya. Pernyataan ini menimbulkan asumsi dikepala bahwa meminta maaf ataupun memaafkan merupakan sifat yang mulia.

Terakhir, berikut ini ada beberapa bibit-bibit sifat yang ada pada diri manusia dan sebagai renungan, saya kutip dari pernyataan Gede Prama.

Ada banyak bibit di dalam diri manusia. Ada bibit kebodohan, keserakahan, kemarahan, iri hati, dendam. Ada juga bibit kesabaran, kasih sayang, cinta, memaafkan, persahabatan. Pertanyaan berikutnya, bibit-bibit mana yang kita sirami setiap harinya?.

0 komentar:

Posting Komentar