Searching...

Popular Posts

Kamis, 24 September 2009

PENERIMAAN CPNS DEPARTEMEN KELAUTAN DAN PERIKANAN TAHUN 2009

04.09
PENERIMAAN CPNS DEPARTEMEN KELAUTAN DAN PERIKANAN TAHUN 2009 Departemen Kelautan dan Perikanan dalam Tahun 2009 berdasarkan Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia Nomor 254 Tahun 2009 mendapat Tambahan Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) untuk pelamar umum sejumlah 629 orang, yang akan ditempatkan/ditugaskan untuk mengisi kekosongan jabatan pada Kantor Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Departemen Kelautan dan Perikanan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia PERSYARATAN 1. Warga Negara Indonesia; 2. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan keputusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan; 3. Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil, pegawai perusahaan atau pegawai swasta; 4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS atau Calon/Anggota TNI/Polri serta tidak sedang menjalani ikatan kerja dengan perusahaan atau suatu anggota profesi lainnya; Tidak sedang menjalankan pendidikan formal; 5. Berkelakuan baik; 6. Sehat jasmani dan rohani; 7. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik; 8. Usia pada tanggal 1 Desember 2009, serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 35 tahun; 9. Pendidikan: - Pasca sarjana (S2), dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00; - Sarjana (S1)/Diploma IV, dan Diploma III, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,50; - Status akreditasi program studi pada point a dan b minimal B (apabila di dalam ijazah tidak tertera atau mencantumkan status akreditasi maka dibuktikan dengan Surat Keterangan Akreditasi dari Perguruan Tinggi); - Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri; - Khusus yang melamar Jabatan Peneliti, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal = 3,00. TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN 1. Setiap pelamar harus melakukan pengisian biodata pelamar secara online melalui website www.ropeg.dkp.go.id (disarankan menggunakan browser Internet Explorer atau Opera) dan print out/cetakan biodata dimaksud merupakan dokumen lamaran yang dilampirkan dalam berkas lamaran untuk validasi dari tanggal 24 September 2009 sampai dengan 8 Oktober 2009; 2. Pelamar wajib memilih jenis jabatan dan unit kerja penempatan yang diinginkan sesuai dengan pendidikan (jurusan/program studi) yang dimiliki. 3. Surat Lamaran dibuat antara tanggal 24 September 2009 sampai dengan 8 Oktober 2009 dengan menggunakan tinta hitam, ditulis tangan dan ditandatangani sendiri oleh pelamar, ditujukan kepada Yth. Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Jl. Medan Merdeka Timur Nomor 16, Jakarta 10110, sebagaimana contoh Lampiran II 4. Dalam surat lamaran tersebut harus dilampirkan: a. Print out/cetakan biodata pendaftaran online yang telah ditandatangani pelamar; b. Foto copy ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh Rektor/Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademik bagi Universitas/Institut, atau Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik bagi Sekolah Tinggi, dengan menyebutkan Pejabatnya (cap basah); c. Bagi pelamar lulusan dari Perguruan Tinggi Luar Negeri, agar menyertakan foto copy Ijazah yang telah ditetapkan penyetaraannya dari Departemen Pendidikan Nasional dan dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, sebagaimana dimaksud dalam Lampiran III. d. Daftar Riwayat Hidup singkat dalam bahasa Indonesia, yang ditempel pas photo terbaru hitam putih, ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar sebagaimana contoh dalam Lampiran IV. 5. Berkas lamaran disusun rapi sesuai urutan (angka 4) di atas dimasukkan ke dalam STOPMAP yang ditulis nama, nomor registrasi, alamat dan pendidikan terakhir dengan huruf BALOK/KAPITAL. Warna Stopmap : a. HIJAU untuk Pascasarjana (S2); b. BIRU untuk Sarjana (S1) atau Diploma IV; c. MERAH untuk Akademi atau Diploma III; d. KUNING untuk Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri (SUPM). 6. Selanjutnya kelengkapan berkas lamaran sebagaimana dimaksud (angka 4) di atas, dimasukkan dalam AMPLOP BESAR WARNA COKLAT yang ditujukan kepada Ketua Panitia Pengadaan CPNS Departemen Kelautan dan Perikanan Tahun 2009, Kotak Pos 4130 JKP 10041, dan pada bagian sudut kiri atas amplop ditulis “ Nama, Nomor Registrasi, Alamat lengkap dengan mencantumkan provinsinya, Jabatan yang diinginkan dan penempatan, serta tingkat pendidikan”. Sedangkan di bagian sudut kanan bawah amplop ditulis ” Yth .......... (lamaran ditujukan) ” klik disini 7. Berkas lamaran sebagaimana dimaksud (angka 4) hanya diterima melalui Kotak Pos 4130 JKP 10041, dan pengambilan terakhir oleh Panitia Pengadaan CPNS Departemen Kelautan dan Perikanan di kantor Pos Besar Jakarta pada tanggal 10 Oktober 2009 Pukul 12.00 WIB. 8. PELAMAR HARUS/WAJIB MENGAJUKAN LAMARAN SECARA ONLINE DI www.ropeg.dkp.go.id DENGAN MENGAKSES MENU PENGADAAN CPNS, MENCANTUMKAN NOMOR REGISTRASI, MELALUI KOTAK POS 4130 JKP 10041, SESUAI DENGAN FORMAT YANG DITENTUKAN DALAM PENGUMUMAN, MENYEBUTKAN JABATAN DAN PENEMPATAN YANG DILAMAR, MENYERTAKAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP DAN KELENGKAPAN YANG DIPERSYARATKAN, MELAMAR TIDAK LEBIH DARI 1 (SATU) JABATAN. BAGI PELAMAR YANG TIDAK MENGIKUTI KETENTUAN DIATAS DINYATAKAN TIDAK LULUS SELEKSI ADMINISTRASI DAN TIDAK DAPAT MENGIKUTI UJIAN. TATA CARA AKSES PENDAFTARAN LAMARAN ONLINE 1. Pelamar hanya dapat melakukan pendaftaran satu kali secara online dan tidak dapat diubah. 2. Petunjuk pengisian dapat dilihat dalam lampiran V TAHAPAN PENGADAAN CPNS 1. Pengumuman pengadaan CPNS tanggal 24 September 2009; 2. Pendaftaran lamaran online di www.ropeg.dkp.go.id dengan mengakses menu PENGADAAN CPNS DKP TAHUN 2009 mulai tanggal 24 September sampai dengan 8 Oktober 2009; 3. Penerimaan berkas lamaran tanggal 24 September sampai dengan 10 Oktober 2009; 4. Pengambilan terakhir berkas lamaran pada Kotak Pos 4130 JKP 10041 oleh Panitia Pengadaan CPNS Departemen Kelautan dan Perikanan Tahun 2009 tanggal 10 Oktober 2009 pukul 12.00 WIB; 5. Pengumuman lulus seleksi administrasi direncanakan tanggal 15 Oktober 2009 melalui website www.ropeg.dkp.go.id; 6. Pengambilan Tanda Peserta ujian tertulis tanggal 19 Oktober 2009 di lokasi ujian; 7. Pelaksanaan ujian tertulis tanggal 20 Oktober 2009 mulai pukul 08.00 waktu setempat; 8. Pengumuman hasil ujian tertulis tanggal 31 Oktober 2009 melalui website www.ropeg.dkp.go.id; 9. Pelaksanaan ujian wawancara bagi peserta yang dinyatakan lulus ujian tertulis pada tanggal 5 November 2009 mulai pukul 08.00 waktu setempat di lokasi yang akan ditentukan kemudian; 10. Pengumuman hasil akhir pengadaan CPNS tanggal 15 November 2009; 11. Pemberkasan Pengadaan CPNS Departemen Kelautan dan Perikanan Tahun 2009 dilaksanakan sekurang-kurangnya 1 (satu) minggu setelah pengumuman hasil akhir pengadaan CPNS. SELEKSI ADMINISTRASI BERKAS LAMARAN 1. Panitia akan melakukan verifikasi dan validasi terhadap berkas lamaran yang telah dikirimkan melalui Kotak Pos 4130 JKP 10041; 2. Berkas yang tidak lengkap dan tidak memenuhi persyaratan, dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi dan panitia tidak menerima susulan kelengkapan berkas; 3. Daftar nama pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat dilihat pada situs resmi Biro Kepegawaian Departemen Kelautan dan Perikanan www.ropeg.dkp.go.id pada tanggal 15 Oktober 2009; 4. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mengambil Nomor Peserta Ujian pada tanggal 19 Oktober 2009 di lokasi ujian, sesuai pilihan pelamar sebagaimana keterangan. Materi Ujian Tertulis : 1. Tes Kompetensi Dasar (TKD) Materi TKD terdiri dari Tes Pengetahuan Umum (TPU), Tes Bakat Skolastik (TBS), dan Tes Skala Kematangan dimaksudkan untuk menggali pengetahuan, keterampilan dan sikap/perilaku peserta ujian yang meliputi : wawasan nasional, regional, dan internasional maupun kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif, kemampuan penalaran, kemampuan beradaptasi, pengendalian diri, semangat berprestasi, integritas dan inisiatif. 2. Tes Kompetensi Bidang (TKB) Dimaksudkan untuk mengukur pengetahuan tentang substansi Departemen Kelautan dan Perikanan. 3. Tes Wawancara Dimaksudkan untuk melihat lebih dalam performa dan kepribadian calon Pegawai Negeri Sipil. Selengkapnya mengenai pengumuman silahkan klik disini LOWONGAN JABATAN, KUALIFIKASI PENDIDIKAN (PROGRAM STUDI/JURUSAN) DAN PENEMPATAN (Lampiran 1) SURAT LAMARAN (Lampiran 2) PEJABAT YANG BERWENANG MENGESAHKAN FOTO COPY IJAZAH/STTB (Lampiran 3) DAFTAR RIWAYAT HIDUP (Lampiran 4) PROSEDUR PENDAFTARAN DAN PENGISIAN FORMULIR ONLINE (Lampiran 5) FORMULIR PENDAFTARAN ONLINE

0 komentar:

Posting Komentar