Searching...

Popular Posts

Senin, 13 Desember 2010

Indoleaks Ikuti Jejak Wikileaks

Indoleaks Indonesia Ikuti Jejak Wikileaks. Pemberitaan Wikileaks yang kontroversial mengungkap dokumen rahasia diplomatik AS ternyata telah membuahkan inspirasi. Buktinya situs mirip Wikileaks muncul menggunakan Bahasa Indonesia dengan nama Indoleaks, hadir menyajikan dokumen untuk kepentingan publik.

Indoleaks Ikuti Jejak Wikileaks

Indoleaks.org menjelaskan akan berusaha memilah dan memilih dokumen yang sudah seharusnya diketahui publik, dari ratusan koleksi dokumennya. Dokumen yang dipublikasikan dengan penyajian secara verbatim, dan diklaim masih orisinil dari tangan pertama.

Pengelola Indoleaks.org juga membuka ruang kepada publik yang memiliki dokumen rahasia untuk dipublikasikan. Tentunya dengan syarat dokumen yang memiliki kepentingan terhadap publik, orisinil tanpa disertai opini.

"Per 10 Desember 2010, yang diperingati sebagai Hari Hak Asasi Manusia Sedunia, Indoleaks akan mempublikasikan dokumen pertama. Sebuah dokumen yang berisi catatan ilmiah mengenai Lumpur Lapindo," ungkap Indoleaks. Selain itu, Indoleaks juga telah mengungkap MOU Rahasia Pemerintah RI-Microsoft, dan transkrip diskusi Soeharto, Richard Nixon, dan Henry Kissinger tahun 1970.

Di sisi lain, praktisi IT, Anggito Wachjoewidayat menilai Indoleaks ingin memanfaatkan popularitas WikiLeaks. Bedanya, IndoLeaks lebih mengangkat isu-isu yang masih hangat atau terlupakan di Indonesia.

"Saya yakin sebetulnya dokumen yang ditampilkan sudah pernah diketahui oleh para pejabat sejak dulu. Tapi, karena tak ada klarifikasi, akhirnya disebarkan ke publik," ujar Abimanyu.

Abimanyu juga menilai bahwa penyajian topik yang dipublikasikan Indoleaks dibuat menarik apa adanya. "Semuanya liar dan tak fokus. Terkadang bahas Munir, G-30-S dan kasus-kasus lainnya yang masih penuh tanda tanya," katanya.

Nah, sesuai dengan maksud dan tujuan kehadirannya mengungkap dokumen rahasia seperti Wikileaks, mari kita tunggu aksi Indoleaks selanjutnya mengungkap dokumen-dokumen rahasia lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar